Setelah melakukan kerja keras yang ekstra, Alhamdulilllah seluruh MI di kecamatan Sangkapura dapat menyelesaikan tugasnya dalam mengentry data aplikasi EMIS 2012. Ini semua berkat pertolongan Allah dan koordinasi yang baik di antara KKMI Sangkapura dengan semua kepala-kepala MI dan guru di kecamatan Sangkapura, setidak-tidaknya data-data MI telah terdaftar di EMIS 2012. 

Namun ke depan adalah sebuah tantangan yang besar bagi kepala madrasah di kecamatan Sangkapura bahwa mereka harus berpacu dengan kecanggihan teknologi yang serba modern. Kalau dulu kepala-kepala madrasah mengisi emis dengan cara manual (tulis tangan) tapi mulai tahunn ini kita dihadapkan kepada satu persoalan di mana EMIS harus dientry langsung di website kementerian agama yaitu emispendis.kemenag.go.id yang ditautkan linknya di blog KKMI Sangkapura semata-mata untuk memberikan kemudahan bagi kepala madrasah dan guru dalam mengaksesnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa tahun depan tidak boleh tidak lembaga MI harus mampu mengikuti perkembangan ini dan satu tugas berat bagi KKMI Sangkapura adalah bagaimana mengondisikan lembaga-lembaga MI di kecamatan Sangkapura ini untuk tidak gaptek (gagap teknologi). Untuk itu, peran serta dan kerja sama yang baik semua elemen pendidikan harus saling menunjang dan mendukung mulai dari guru, kepala madrasah, pengurus KKMI, dan PPAI.

Semoga dengan pengalaman tahun ini, dapat memotivasi kita untuk selalu berbenah diri tidak hanya mampu dalam hal paedagogik (pendidikan), namun juga mampu menguasai teknologi seperti halnya internet. Paling tidak, dalam satu lembaga pendidikan MI harus memiliki setidak-tidaknya satu tenaga teknisi yang handal dalam hal internet. Dan akan lebih baik, jika yang menguasai internet itu adalah kepala madrasah.

Dan mengakhiri tulisan ini, KKMI Sangkapura mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala MI dan guru di kecamatan Sangkapura yang dengan penuh antusias menyelesaikan pengentryan EMIS ini. Dan kita akan bertemu dengan EMIS di tahun di depan, Insya Allah, dengan bekal pengalaman dan pengamalan pembelajaran di dunia internet.